Selamat datang di emy acha blog

Ikan Dewa Di Kuningan

Rabu, 19 Desember 20122komentar

Entah , apakah ada spesies Ikan Dewa (kancra bodas / ikan mas putih) di belahan bumi yang lain? Yang pasti ikan mas putih yang dikenal Ikan Dewa di Kuningan, Jawa Barat ini pun hanya ada di kolam-kolam tertentu.

Pertama, Balong Dalem Kec. Jalaksana, lalu Kolam Cibulan Desa Manis Kidul, kemudian Kolam Cigugur Kec. Cigugur serta balong karamat Darmaloka Kec. Darma.

Entah mengapa dinamai “ikan dewa” yang menyisakan mitos yang menjaga kelesatariannya. Pertama jumlah ikan yang tak pernah berkurang dan bertambah selama puluhan tahun menurut saksi-saksi hidup.

Keunikan ikan yang diduga sisa peninggalan generasi purba (karena letak Cigugur masih meliputi Taman Purbakala Cipari?). Masyarakat Kuningan tidak ada yang berani mengambil ikan yang ‘diselimuti’ beragam misteri tersebut.

Cerita legenda yang beredar jaman dulu, menuturkan, Sarif Hidayatullah hendak mengambil wudhu. Saat beliau di sekitar daerah Cigugur sekarang. Melihat tidak ada air walhasil Syeh berdoa dan seketika hujan turun begitu deras menurunkan airnya. Terbentuklah kolam Cigugur yang juga diikuti terisinya kolam dengan ikan dewa ini. Apakah serupa dengan fenomena hujan ikan abad ini karena hujan yang tiba-tiba deras? Entahlah.

Untuk ukuran ikan biasa, kondisi air di kolam-kolam tempat ikan-ikan tersebut adalah suhu ‘ekstrim’ yang cukup membuat badan menggigil. Betapa tidak, ke empat kolam tersebut airnya persis dari mata air yang berada di sekitar kolam.

Pernah beredar rencana para biolog untuk mengupayakan kawin paksa (inseminasi buatan) untuk memperbanyak jumlahnya, namun karakter ikan ini agak ‘lain’ dibanding ikan mas lainnya.  

Kerap misteri dan keangkeran kisah dibalik ikan dewa tersebutlah yang justru menyelamatkan populasinya.

Sumber : CiremaiPost
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

20 Maret 2013 pukul 22.02

wew.. kenapa ga boleh dimakan ya??
hmmmm..

3 Agustus 2018 pukul 19.40

Apakah benar ikan jenis ini hanya ada di Kuningan ?

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | MP3 Mobile | Ayobai Karawang | Ayobai
Copyright © 2013. AYOBAI _KUNINGAN ( JAWA-BARAT) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Emy Echa
Proudly powered by Blogger