Selamat datang di emy acha blog

GUNUNG CIREMAI

Rabu, 28 November 20121komentar


Gunung Ciremai (seringkali secara salah kaprah dinamakan "Ciremai") secara administratif termasuk dalam wilayah tiga kabupaten, yakni Kabupaten CirebonKabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, ProvinsiJawa BaratPosisi geografis puncaknya terletak pada 6° 53' 30" LS dan 108° 24' 00" BT, dengan ketinggian 3.078 m di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.
Gunung ini memiliki kawah ganda. Kawah barat yang beradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 m. Pada ketinggian sekitar 2.900 m dpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet.
Kini G. Ceremai termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), yang memiliki luas total sekitar 15.000 hektare.
Nama gunung ini berasal dari kata cereme (Phyllanthus acidus, sejenis tumbuhan perdu berbuah kecil dengan rada masam), namun seringkali disebut Ciremai, suatu gejala hiperkorek akibat banyaknya nama tempat di wilayah Pasundan yang menggunakan awalan 'ci-' untuk penamaan tempat.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

20 April 2015 pukul 02.04

puncaknya indah banget.. serasa diatas awan

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | MP3 Mobile | Ayobai Karawang | Ayobai
Copyright © 2013. AYOBAI _KUNINGAN ( JAWA-BARAT) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Emy Echa
Proudly powered by Blogger